Sunday, November 17, 2019

Roti Pisang Coklat yang Lembut

0 comments
Hai bunda2 cantik 💖💖

Kalo dirumah ada sisa pisang, dan bunda binun mao bikin apa, yuks kita buat roti pisang coklat, kesukaan anak2 dan kita juga pastinya 😉😉

Perhatikan tips n trik nya untuk adonan dough/rotinya ya bunda, supaya hasil rotinya bisa lembut kayak kapas spt istilah "Killer Bread" jika bunda tidak punya mixer khusus untuk bikin roti. Maka kita ulenin adonan dough ini harus benar2 kalis, emang sie butuh tenaga extra. Tp kalo dpt hasil yang sempurna spt roti di bakery2 ternama itu loch, pasti yg namanya ngulenin penuh tenaga jd lupa deh tuh 👌👌. Kelembutan rotinya akan seperti kapas...mao ada kucing lewat juga gak ngeh deh 🤣🤣🤣, krn kenikmatan akan lembutnya ini roti. Dan yg pasti bisa tahan sampe 3 hari loch tanpa pengawet. Tidak akan merubah rasa dan kelembutan. 🤗🤗

Ini ya resepnya ya...cekidot 💪💪

🍞 ROTI PISANG - coklat - 🍌




Isian :
Pisang ambon belah jadi 2, aku pakai yang ada aja dirumah 😁
Coklat filling secukupnya - bisa pakai DCC ataupun meises. Seadanya dirumah kalian aja.

Bahan dough :
300gr terigu cakra
100gr terigu segitiga biru
1 telur utuh
1 sdm SP
7gr ragi instant
240ml susu cair
50gr gula pasir
50gr margarin
1/2sdt garam

Cara membuat :
1. Campur susu cair, gula pasir dan ragi, aduk rata dan diamkan kurleb 8 menit. Sampai ragi mengembang artinya ragi aktif.
2. Campur terigu, SP dan telur. Aduk pakai spatula lalu tuang sedikit2 cairan susu ragi sampai rata. Lalu uleni sampai setengah kalis.
3. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi sampai benar2 kalis. Ketika adonan direnggangkan tidak mudah robek. Ini akan membuat roti sangat2 lembut dan berserat. Oiya...jgn pernah menambahkan terigu jika adonan terasa lengket ketika di uleni, cukup memakai minyak saja.
4. Jika sudah kalis, istirahatkan adonan kurleb 45-60menit, tergantung suhu ruangan kalian ya. Tutup memakai plastik wrap, gunanya supaya adonan tetap lembab.
5. Kempiskan adonan, dan uleni sebentar, memastikan tidak ada udara tertinggal. Lalu timbang suka2 aja. Ambil 1 adonan lalu giling dan beri isian. Lalu gulung atau bentuk sesuai selera aja. Istirahatkan kembali selama 30menit, sambil memanaskan oven.
6. Oles roti dengan susu cair, supaya tetap lembab, lalu panggang selama 15-20menit tergantung oven masing2. Pakai suhu 170°C dgn api atas bawah.
7. Keluarkan dari oven, dan panas2 oles dengan margarin + madu (campur) supaya hasilnya cantik

No comments:

Post a Comment