Friday, October 25, 2019

Bikin sendiri Abon Sapi yang Gurih yuk!

0 comments
Malem2 gini iseng bgt yaaa daku, prepare buat pesenan udah kelar. Daripada bengong2 depan TV, mending nyicil stock makanan bocil...👌👌

Cicilan pertama bikin abon sapi ajaaah aah, mumpung sisa tenaga msh ada. Cuuus meluncur ke dapur dan jadi deh...mayan stock buat 2 minggu ke depan 😘😘😘

Buat yg mao bikin juga, ini resepnya ya. Resep asli dari nenek akuuuh, karena jaman dulu sama nenek selalu disuruh bagian numbuk dan ngeringin minyak kalo lg bikin abon 😁😁

Egh sedikit cerita dulu nie, jaman dulu ada kejadian, daku msh kelas 4 SD...ceritanya diajak nenek nemenin ke pasar, mampir lah ke toko kopi. Si nenek mao beli kopi bubuk yg lsg dibikin ditempat, dulu namanya kopi bemo. Nah kalo ada yg tau dipasar rawamangun ada toko yg jual kopi bemo, itu wangi kopinya maknyuuus bgt. Makanya ampe skg daku seneng bgt kopi 🤗🤗🤗...tp bukan itu yg seru. Kebetulan ditoko kopi itu jual segala bahan2 kue dan ada abon sapi juga. Wangi bgt tuh abon, sampe yg punya blg "sini neng cantik cobain abonnya, ini ibu bikin sendiri loch" waaah dgn senang hati donk, nyobain tuh abon, enak bgt lagi 🤤🤤🤤, nah ceritanya...

Aku : nek beli abon donk, enak nie buat sarapan
Nenek : gak usah, nt bikin aja dirumah, nenek udh beli daging tinggal dimasak aja jd abon
Aku : hmmmm...y udh deh (dalam hati ngedumel...apa2 bikin mulu, ujung2nya pasti aku yg disuruh bantuin 🙄🙄)
Singkat cerita, sampe deh dirumah...bener juga si nenek lg ngolah tuh daging. Dan tiba2 dia teriak manggil2
Nenek : yus, sini bantuin ulek bumbu dan gepukin tuh dagingnya
Aku : nah kan bener, gak jd maen deh
Nenek : anak perempuan itu harus pinter didapur, percuma wajah cantik, otak encer kalo gak bisa masak, ngurus rumah dan ngurus anak
Aku : iya aja deh...(tetep ngedumeeeel....🤣🤣🤣)

Diinget2 bener juga ya kata nenek, alhamdulillah ilmu nenek kepake sampe skg, dan aku selalu bersyukur bisa punya skill ini. Jadi mao apapun tinggal oprek2 bentar didapur dan jreeeng jadi deh. Aku org yg jarang liat resep apalagi liat youtube walaupun bnyk tuh resep2 dan tutorial masakan apapun disana. Semua masakan dan resep2 aku dpt dr ilmunya nenek yg lsg aku praktekin. Maaciiee nenek aku tersayang 😘😘🤗🤗🤗

Abon Sapi 
- ala fly -



Bahan :
  • 500gr daging sapi (pakai daging has dalam tanpa lemak ya)

Bumbu halus:
  • 1 sdm ketumbar
  • 4 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • 3cm jahe
  • 3cm kunyit
  • 2 butir kemiri

Pelengkap:
  • 5cm lengkuas
  • 100 gr gula aren (sisir halus)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1btg sereh dikeprek
  • 200ml santan kental (aku pake kara)
  • 100ml air asam jawa
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara masak :
  1. Rebus daging sampe empuk trus suwir2 lalu geprek (aku pake cobek & ulekan)
  2. Haluskan bumbu lalu tumis sampe harum, masukan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh lalu tambahkan air asam dan air biasa aduk rata dan masak sampai air mendidih
  3. Masukkan santan dan gula aren aduk rata tunggu sampai mendidih lagi, lalu masukkan daging aduk terus sampai santan tercampur dan merata
  4. Tambahkan garam sambil diaduk terus dan masak sampai air set dan kering
  5. Matikan api dan hilangkan uap panasnya
  6. Siapkan minyak panas dan goreng sampe kecoklatan
  7. Angkat dan tiriskan minyaknya dgn ditekan2
  8. Proses pengeringan minyak, aku pake alat press untuk membuang minyaknya atau bisa pake alat untuk bikin cendol, bentuknya mirip spt alat press

Selamat mencoba, abon ini awet loch, bisa sampe 2minggu dikulkas. 🥰🥰🥰

No comments:

Post a Comment