Thursday, October 31, 2019

Resep kaldu Jamur alternatif untuk penyedap rasa yang sehat

0 comments
Nah untuk bunda2 yang anaknya mungkin sama seperti aku, alergi dengan yang namanya MSG. Sedikit cerita nie...

Dulu waktu anak2 aku masih pada kecil2 mereka setelah makan2 pulang dari resto, pasti besoknya lsg pada batuk2 yang gak tuntas2 bisa sampe 1 bulan, lama2 aku koq gemes ya. Aku cek lah ke dokter, ternyata setelah dicek lab dan discan, anak2 aku gak bisa makan sembarangan, apalagi yg memakai MSG. Itu berlangsung sampe usia sekitar 5thn. Pikir2 repot juga ya kalo masak harus tanpa penyedap. Bikin kaldu cair, gak bisa tahan lama. Akhirnya aku puter otak, liat2 resep bikin kaldu dan aku modif lagi sendiri. Jadilah demikian 🤗

Alhamdulillah lepas usia 5thn,  skg anak2 sudah bisa makan apa aja. Tp tetep dikontrol. Krn bisa kambuh lagi. Dan semua masakan untuk dirumah aku selalu pakai kaldu ini. Biasanya aku bikin pakai oven, tp skg aku mao share buat bunda2 yang tidak punya oven dirumah. Jadi bisa buat juga loch, butuh tenaga extra sedikit tapinya ya😁💪 😘

💖 KALDU JAMUR 💖
- homemade - ala fly



Bahan :
250gr jamur tiram
1 buah wortel
5 btg daun sledri
5 bawang putih
1/2 bawang bombay

Bumbu tambahan (optional) :
1/4 sdt lada bubuk
1/2 sdm garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat :
1. Jamur dicuci sampai bersih, lalu diperes sampai airnya tuntas dan potong2
2. Wortel, daun sledri, baput dan bwg bombay potong2 sesuai selera aja. Trus diblender/chopper sampai halus
3. Sangrai kaldu basah bersama dgn bumbu tambahan dgn api kecil sambil diaduk terus sampai kering. Usahakan memakai wajan teflon ya, supaya tidak lengket. Untuk menjadi kering butuh waktu 30-40 menit. Sambil olah raga 💪
4. Setelah kering tunggu hangat, lalu blender kembali sampai halus. Dan disangrai lagi jgn terlalu lama sekitar 5-10menit saja. Pakai api yang benar2 kecil.
5. Kemudian blender kembali untuk hasil kaldu yg lebih halus dan nanti warnanya akan lebih cerah.

No comments:

Post a Comment